image

Struktur Kepemilikan Saham

Dividen

Kebijakan Dividen

Kebijakan Dividen Perseroan diatur dalam Prospektus pada saat Perseroan melakukan IPO, yakni pada bagian “Pembagian Dividen”, yang menyatakan bahwa Perseroan akan memberikan dividen dengan memperhatikan kondisi keuangan dan rencana pengembangan usaha. Adapun besaran dividend payout ratio dan/atau jumlah dividen tiap buku ditetapkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham.

Riwayat Dividen

Dengan memperhatikan peraturan Pasar Modal dan ketentuan hukum yang berlaku, Perseroan merencanakan untuk membagi dividen tunai kepada seluruh pemegang saham setiap tahun tanpa mengurangi hak Rapat Umum Pemegang Saham untuk menentukan lain. Usulan kebijakan pembayaran dividen kepada pemegang saham yang namanya tercantum pada Daftar Pemegang Saham Perseroan sebagai berikut:

Laba Bersih Setelah Pajak Penghasilan

Dividen

Rp 0 - Rp 250 miliar

5% - 10%

Di atas Rp 250 miliar

11 - 15%

Masing-masing perusahaan terbuka, entitas anak/unit usaha dan perusahaan terasosiasi menjalankan kebijakan dividen secara independen.

Pembagian Dividen

Merujuk kepada rencana usaha Perseroan untuk tahun buku akan datang serta ketentuan Pasal 70 dan Pasal 71 UUPT dan ketentuan di dalam Surat Edaran BAPEPAM N0. S-2057/PM/2003 yang mengatur antara lain bahwa penggunaan keuntungan dalam bentuk dividen dapat dilakukan apabila Perseroan memiliki saldo laba dan total ekuitas yang positif, maka sesuai keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun 2015 penggunaan keuntungan yang diperoleh Perseroan dari Tahun Buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2014 diputuskan sebagai laba yang ditahan (retained earnings).

Kronologi Pencatatan Saham

image