image

Kesehatan Dan Keselamatan Kerja

Peduli Bencana, BPI Gandeng Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi

Sumber: - | 02 Feb 2017

news Dalam meningkatkan pengetahuan karyawan khususnya tim tanggap darurat (Emergency Response Team) PT Bakrie Pipe Industries (BPI) mengenai pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran, departemen Health Safety Environment (HSE) dan HRD bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi pada Rabu (25/1/2017) mengadakan Pelatihan Penanggulangan bahaya kebakaran yang diselenggarakan di Ruang Training Center BPI.

Pelatihan yang diikuti 35 peserta ini, diharapkan dapat meningkatkan wawasan tentang langkah-langkah pencegahan, mitigasi dan penanggulangan bahaya kebakaran serta meningkatkan kesiapsiagaan tim tanggap darurat dan karyawan lainnya dalam menghadapi kondisi darurat.

Tingginya risiko kebakaran yang dapat timbul di area pabrik BPI seperti infrastruktur, fasilitas serta aktivitas-aktivitas dalam perusahaan, menjadi alasan utama perlunya mengukur kesiapsiagaan tim tanggap darurat agar langkah-langkah penanggulangan kebakaran dapat dilakukan secara cepat, tepat dan aman. Kebakaran merupakan kejadian yang tidak diinginkan oleh setiap orang dan dapat mengakibatkan suatu kerugian yang sangat besar baik kerugian materil maupun kerugian non materil. Terhentinya proses produksi, hilangnya aset perusahaan dan timbulnya korban merupakan dampak dari kebakaran yang sangat tidak kita inginkan.

Dalam kesempatannya saat menyampaikan materi training, Instruktur dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi Bapak Nasrudin menyampaikan bahwa suatu area kerja selain harus dilengkapi fasilitas untuk pemadam kebakaran seperti APAR, hydrant, dll, harus didukung juga dengan kualitas sumber daya manusianya yang sudah teruji. “Akan sia-sia peralatan atau fasilitas pemadam kebakaran yang dimiliki, jika kita tidak tahu bagaimana cara menggunakannya atau mengoperasikannya. Dalam praktik pelatihan yang dilakukan, instruktur memberikan teknik atau cara pemadaman api dengan cara konvensional menggunakan karung goni, menggunakan APAR dan hydrant”.

Seluruh peserta yang hadir cukup antusias mengikuti pelatihan ini, dan diharapkan dengan dibekalinya pengetahuan mengenai langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan kebakaran, seluruh tim tanggap darurat kebakaran BPI dapat melakukan tugasnya saat diperlukan pada kondisi darurat.