image

Kesehatan Dan Keselamatan Kerja

Kampanye Bulan K3, Bakrie Construction Utamakan Keselamatan Kerja

Sumber: - | 07 Feb 2018

news Menyambut 2018, PT Bakrie Construction (Bcon) melaksanakan kampanye Bulan Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) selama 1 bulan dari tanggal 12 Januari hingga 12 Februari, di Bcon Yard, Desa Sumuranja, Kecamatan Pulo Ampel, Cilegon, Serang, Banten. Gerakan nasional kampanye budaya K3 ini dilaksanakan sesuai UU No. 1 tahun 1970 dan untuk mendorong tercapainya kemandirian Bangsa Indonesia berbudaya K3 tahun 2020.

GM Yard & Operation Holding PT Bakrie Construction, Pawenary, mengatakan dalam melakukan operasional bisnisnya, anak usaha PT Bakrie & Brothers ini sangat memperhatikan K3. Dengan program ini Bcon berharap agar karyawan selalu berhati-hati dalam bekerja, apalagi Bcon merupakan perusahaan yang memproduksi alat-alat berat.

“Syukurlah, pada Januari 2018 BCon mengumpulkan sebanyak 12.226.623 man-hours (MH) dengan predikat Zero Accident dari tahun 2008 hingga 2018,” jelas Pawenary.

Kampanye K3 ini, lanjut Pawenary, sangat penting bagi Bcon. Apalagi saat ini Bcon sedang mengerjakan 2 proyek besar, yakni project Husky CNOOC Madura Limited (HCML) dan project BV (Back & Veatch).

Project HCML yang tengah dikerjakan yakni berupa pembuatan Wellhead Platform MBH & MDA dengan volume 6000 ton yang melibatkan 500 orang tenaga kerja dan direncanakan akan selesai bulan Mei 2018. Adapun project BV, yakni berupa pembuatan Steel Gantry dan Coal Silo dengan berat 400 ton tahap 1. Sementara untuk tahap 2 dan 3 volumenya berkisar 2000 ton.

“Tahap I proyek ini direncanakan akan selesai pada bulan Februari 2018,” ungkap Pawenary.

Selain itu, Pawenary juga menyampaikan pesan CEO PT Bakrie Construction, Dody Taufik Wijaya, yang berisi agar seluruh karyawan memberikan dukungan dan partisipasi supaya semua project berjalan lancar, produktif dan efisien. Sehingga perusahaan menjadi lebih baik ke depan.

Di kesempatan yang sama, Bcon juga melantik Suntony dari PT Alter sebagai Chief Security. Suntony adalah purnawirawan dari TNI AD yang sebelumnya bertugas di Koramil Bojonegara dengan pangkat Sersan Mayor. Dalam sambutannya Pawenary berharap Chief Security yang baru mampu meningkatkan kedisiplinan dan pengembangan tenaga keamanan Bcon yang sebagian besar adalah penduduk asli sekitar area pabrik.

General Manager Unit 1 Bcons, Yen Rizal, dalam pembukaan kampanye K3, berkesempatan membacakan sambutan dari Kementerian Tenaga Kerja. Sambutan tersebut, satu di antaranya menyinggung perlunya penerapan K3 di berbagai aspek pada dunia konstruksi, terutama dunia oil & gas.

Selain seluruh karyawan PT Bakrie Construction Yard Sumuranja, pembukaan kampanye bulan K3 ini dihadiri juga oleh perwakilan dari pihak Husky CNOOC Madura Limited, sejumlah partner Bcon antara lain PT Timas, PT Winn Metal, dan subkontraktor PT Gondara Sakti dan PT Inti Artha Niko. (ZEN/WEN/JFR)